French press adalah salah satu pilihan metode manual brew yang digunakan dalam menyedu kopi. Tak seperti alat manual brew lainnya yang menggunakan filter kertas atau able kone, french press berbeda dengan kesederhanaan yang justru membuatnya memikat dan tak lekang oleh zaman.

Lalu bagaimana kopi yang dihasilkan? Jika kamu tahu cara menggunakannya, kopi yang diseduh dengan menggunakan french press akan memberikan ‘ciri’ yang tak kalah nikmat dari metode-metode lain. Tanpa filter kertas menyebabkan french press menghasilkan rasa dengan lebih kaya, lembut dan sedikit oily. Meski begitu french press memungkinkan kopi kamu beraroma lebih kuat dan pastinya menyenangkan.

Lalu bagaimana cara menggunakan french press dengan cara yang baik dan benar agar kopi yang dihasilkan sesuai dengan harapan? Berikut kami paparkan langkah-langkah agar french press kamu menghasilkan kopi yang benar.


Air Yang Baik

1. Gunakan Air yang Baik

Kopi mengandung 98% H2O, oleh karena itu kopi yang baik harus berasal dari air yang baik juga. Pastikan air yang akan digunakan tidak terkontaminasi oleh zat dan rasa yang lain. Wadah tempat air anda harus benar-benar bersih sehingga tak ada bekas rasa atau aroma dari minuman lain yang menempel di sana. Alangkah baiknya mencoba air yang akan kamu gunakan untuk membuat kopi terlebih dahulu. Jika rasa air tersebut pas menurut kamu, berarti pas juga untuk menyeduh kopi.

Kopi Yang Segar Dan Baru

2. Gunakan Kopi yang Benar-Benar Segar dan Baru

Kopi yang sudah lama tidak akan memberikan kenikmatan yang sama seperti biji kopi segar yang baru disangrai dan itu akan memengaruhi saat diseduh oleh french press. Biji kopi yang terlalu dibiarkan lama dengan kemasan yang terbuka tidak memiliki aroma dan rasa yang sama dengan yang masih tertutup rapat di dalam kemasan. Biji kopi yang segar dan baru memiliki aroma yang kuat dan terlihat sedikit oily. Dan seperti itulah seharusnya kopi yang baik.

Menggiling Biji Kopi

3. Giling Biji Kopi Sebelum Diseduh

Untuk hasil terbaik, gunakanlah kopi yang baru digiling, bukan kopi bubuk yang sudah digiling berhari-hari. Giling kopi sesaat sebelum diseduh untuk hasil yang maksimal. Ibarat buah, potonglah apel sesaat sebelum dimakan. Sama seperti kopi, gilinglah bijinya sesaat sebelum diseduh untuk rasa dan aroma terbaik yang akan kamu nikmati di hasil akhir nanti. Pastikan bubuk kopi yang dihasilkan tidak terlalu halus karena bisa memungkinkan menyumbat filter dari french press. Medium adalah pilihan yang tepat.

Standart Ukuran French Press

4. Jangan Ikuti Standar Ukuran French Press

Kopi kamu adalah selera personal kamu. Jadi jika ingin menikmati kopi yang sesuai dengan personal taste, ukur sendiri takaran kopi dan air yang kamu inginkan. Biasanya 18 – 20 gram kopi untuk 8 ons air adalah ukuran pas untuk pemula. Jika kamu menginginkan rasa yang lebih kuat mungkin kamu bisa menambahkan kopinya atau mengurangi air. Bereksperimenlah dengan rasa. Jangan biarkan buku panduan mendikte kamu. Tentukan sendiri rasa kopimu.

Suhu Air Untuk Kopi

5. Gunakan Air dengan Suhu yang Tepat

Air yang terlalu panas akan mengeluarkan rasa pahit yang tak seharusnya. Sedangkan air yang tidak panas tidak akan mengeluarkan rasa yang diinginkan dari kopi yang nikmat. Oleh karena itu, biasanya 94 derajat celsius adalah suhu yang pas untuk french press. Tetapi jika kamu tidak mau repot mengeluarkan termometer, panaskan air hingga mendidih dan biarkan 30 detik sebelum digunakan. Maka suhu yang tepat juga bisa kamu dapatkan.

Menyeduh Kopi

6. Seduh Kopimu

Masukkan bubuk kopi ke dasar french press dan tuangkan sepertiga air di atasnya. Diamkan kopi dan air selama 30 detik dan kemudian aduk dengan perlahan. Pastikan kopi dan air ‘dimasak’ secara sempurna agar kamu mendapatkan kenikmatan yang kamu inginkan. Setelah itu, tuangkan sisa air dan biarkan proses brewing dimulai.

Ketepatan Waktu

7. Ketepatan Waktu Memengaruhi Rasa

Proses brewing yang terlalu singkat akan membuat rasa kopi kamu menjadi asam dan tipis. Jika proses brewing berlangsung terlalu lama, kopi kamu akan berakhir pahit. Untuk hasil terbaik, biarkan kopi kamu berada di dalam french press selama 4 menit sebelum kamu nikmati.

Menekan French Press

8. Hati-Hati dalam ‘Menekan’

Setelah proses brewing selesai, tekan plunger dengan tegas, pelan dan hati-hati. Menekan dengan terlalu keras akan menyebabkan kopi menyemprot keluar dan semuanya jadi berantakan. Kehati-hatian sangat diperlukan di proses ini.

Menikmati Kopi Dengan French Press

9. Nikmati Kopimu

Setelah semuanya selesai, tuangkan kopi ke dalam cangkir kamu. Nikmati kopi dengan maksimal. Tapi ingat, jika kamu tak ingin menghabiskan kopimu sekaligus dalam satu french press, jangan biarkan sisanya didiamkan di dalam french press. Tuang sisa kopi ke dalam wadah lain. Karena kopi yang terlalu lama didiamkan di dalam french press akan memberi rasa pahit yang tak diinginkan. Selamat minum kopi!

Jual Bahan Makanan, Perlengkapan dan Peralatan Bisnis Terlengkap di Malang

Sukses Jaya adalah Supermarket bahan makanan dan aneka perlengkapan dan peralatan bisnis terlengkap di kota Malang. Bahan Makanan yang disediakan antara lain makanan minuman import, aneka roti gaya Eropa, daging beku, seafood beku, kentang beku, dan lain lain. Peralatan dan perlengkapan yang disediakan cocok untukaneka bisnis, seperti rumah makan, cafe, bakery, coffee shop, dll. Untuk informasi lebih lanjut silahkan ikuti tombol di bawah untuk menghubungi kami atau lihat petunjuk ke lokasi Sukses Jaya.


Jual Bahan Makanan, Perlengkapan dan Peralatan Bisnis Terlengkap di Malang

Sukses Jaya adalah Supermarket bahan makanan dan aneka perlengkapan dan peralatan bisnis terlengkap di kota Malang. Bahan Makanan yang disediakan antara lain makanan minuman import, aneka roti gaya Eropa, daging beku, seafood beku, kentang beku, dan lain lain. Peralatan dan perlengkapan yang disediakan cocok untukaneka bisnis, seperti rumah makan, cafe, bakery, coffee shop, dll. Untuk informasi lebih lanjut silahkan ikuti tombol di bawah untuk menghubungi kami atau lihat petunjuk ke lokasi Sukses Jaya.

HUBUNGI KAMI         PETUNJUK ARAH